Yang Terjadi pada Anak Usia 5 – 15 Tahun dari Sisi Fisik, Kognitif, dan Sosial

Orang tua sebaiknya mengetahui apa saja fase tumbuh kembang anak di setiap tahapan usia. Selama masa bayi sampai balita, kemudian fase anak usia 5 sampai 15 tahun, lalu masuk periode remaja awal, hingga dewasa.

Nutrisionis Nestlé Indonesia, Eka Herdiana mengatakan, usia anak 5 sampai 15 tahun adalah periode pertumbuhan yang penting di mana anak mengalami perubahan fisik, kofnitif, sosial, dan pembentukan karakter yang pesat. “Dalam masa sepuluh tahun ini, orang tua pasti merasa anaknya cepat tinggi, bertambah besar, mulai berinteraksi dengan orang lain, dan ada pengaruh dari lingkungan sosialnya,” kata Eka dalam peluncuran platform edukasi online ‘Milo Activ Academy’ secara virtual pada Rabu, 28 Juli 2021.

Dalam usia 5 sampai 15 tahun, menurut Eka, karakter anak akan mulai terlihat, bagaimana dia bereaksi dengan emosi, melihat diri sendiri, dan semua ini berkaitan dengan kepercayaan diri. “Yang penting juga, pada periode ini anak mulai keluar dari pengaruh atau kontrol orang tua,” katanya.

Berikut detail perubahan fisik, kognitif, sosial, dan karakter pada usia 5 sampai 15 tahun dan asupan nutrisi atau stimulasi yang dibutuhkan:

Nutrisi yang dibutuhkan anak dalam pertumbuhan fisik: – Sumber energi: karbohidrat berkualitas dan protein- Zat gizi mikro untuk pembentukan energi: vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin B6- Dukung persiapan pubertas: zinc, iron, vitamin B12, asam folat- Pertumbuhan fisik dan koordinasi tubuh: vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin D, kalsium, dan fosfor- Mendukung imunitas: vitamin C, vitamin D, vitamin A, dan vitamin E

Nutrisi yang dibutuhkan anak dalam pertumbuhan kognitif: – Kebutuhan energi berkelanjutan: zat gizi makro (karbohidrat dan protein) serta vitamin B- Dukung konsentrasi: zat besi dan asam folat- Dukung kemampuan berpikir dan fungsi memoci: zinc- Koneksi serabut-serabut otak: vitamin B12, asam lemak esensial

Stimulasi yang dibutuhkan anak dalam pertumbuhan sosial dan karakter: – Ajak dan biasakan pola hidup aktif, bermain dan bergerak untuk mendukung kemampuan motorik- Perbaikan kebiasaan makan. Hal ini penting untuk mendukung perkembangan fisik yang berkaitan dengan penampilan dan kepercayaan diri- Pilih permainana atau olahraga yang bagus untuk menstimulasi kemampuan sosial

Untuk mencapai tumbuh kembang anak yang sempurna, Eka mengingatkan agar orang tua memperhatikan asupan gizi yang tepat serta mendorong atau menstimulasi anak agar tetap aktif dengan cara berolahraga.

Ketahui apa yang terjadi pada pertumbuhan fisik, kognitif, sosial, dan karakter anak usia 5 – 15 tahun. Berikut detail asupan nutrisi yang penting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.