Tips Berhijab Agar Tetap Nyaman

Seperti diketahui, bahwa berhijab merupakan kewajiban bagi wanita yang beragama Islam. Suka tidak suka jika anda adalah orang yang taat pada agama anda harus melakukannya.

Namun, terkadang bagi sebagian orang berhijab itu terasa gerah apalagi jika aktivitas banyak di luar ruangan dimana harus terpapar matahari secara langsung.

Ini tentu saja membutuhkan penanganan dan pencegahan tersendiri, karena bisa saja anda kurang nyaman menggunakan hijab karena ada hal-hal yang salah yang mempengaruhi kenyamanan anda berhijab.

Nah, agar anda tetap nyaman ketika mengenakan hijab. Ada beberapa tips fashion hijab yang dapat anda lakukan. Berikut diantaranya :

Apa Saja Tips Berhijab Agar Tetap Nyaman?

 

  1. Jaga Kebersihan Rambut 

Kebersihan rambut harus tetap dijaga meskipun dalam aktivitas keseharian anda sering menggunakan hijab. Bagaimanapun jika anda tidak merawat rambut dengan baik, itu akan berpengaruh banyak pada kesehatan kulit kepala dan juga rambut itu sendiri.

Berbagai masalah dapat timbul ketika anda tidak menjaga rambut anda dengan baik, seperti misalnya rambut berkutu, ketombe, rambut rontok, bau dan sebagainya.

Tentu saja itu nantinya akan mempengaruhi kenyamanan anda ketika menggunakan hijab. Sebagus apapun, selembut apapun hijab yang anda kenakan, jika rambut anda bermasalah itu akan membuat anda tidak nyaman ketika menggunakan hijab.

  1. Hindari Rambut Basah

Ketika anda baru selesai mandi dan rambut masih basah, usahakan untuk mengeringkan rambut anda terlebih dahulu semaksimal mungkin baik dengan menggunakan hair dryer atau misalnya kipas angin agar cepat kering.

Jangan pernah menggunakan jilbab ketika rambut masih dalam keadaan basah. Mengapa demikian? karena hal tersebut itu akan membuat jilbab bau dan juga lembap. Selain itu, kebiasaan menggunakan jilbab ketika rambut masih basah dapat menimbulkan ketombe dan gatal-gatal pada kulit kepala. Jika itu terjadi tentu saja akan membuat anda tidak nyaman.

  1. Pastikan Hijab Kering Sempurna

Selain menghindari untuk menggunakan hijab ketika rambut masih basah, maka anda juga harus menghindari penggunaan hijab ketika hijab masih basah. Pastikan juga bahwa hijab anda telah kering sempurna.

Adapun, jika anda memiliki jilbab-jilbab favorit tidak ada salahnya anda untuk membeli ulang jilbab tersebut, sehingga di lemari anda tersedia 2 tipe atau jenis jilbab yang sama. Sehingga anda bisa menggunakannya secara bergantian.

  1. Ganti Hijab Setiap Hari

Usahakan untuk tidak menggunakan jilbab bekas pakai hari sebelumnya meskipun anda merasa jilbab masih bersih dan tidak memiliki bau, ganti jilbab secara berkala menggunakan hitungan jam ataupun hari.

Jilbab harus dalam keadaan bersih dari kotoran ataupun debu, sama halnya seperti baju ataupun celana, jilbab adalah bagian dari pakaian yang harus anda jaga selalu kebersihannya.

  1. Pakai Ciput atau Inner

Ada beberapa jilbab yang mungkin licin dibagian kepala, baik itu disebabkan oleh karena bahan atau misalnya ukuran dan cara pemakaian yang kurang pas di kepala anda.

Jika ada dalam kondisi demikian, agar jilbab anda tidak bergeser-geser sehingga membuat anda harus membetulkan jilbab secara terus menerus, ada baiknnya anda menggunakan ciput ataupun inner.

Ini adalah hal yang tentu akan membuat jilbab anda kokoh dan tidak licin. Selain itu penggunaan ciput ataupun inner akan membuat jilbab anda terlihat rapih dan menutupi helaian rambut tips yang kadang muncul di bagian depan. Seperti yang telah diketahui itu juga adalah bagian aurat yang harus ditutupi oleh seorang perempuan.

 

Seperti diketahui, bahwa berhijab merupakan kewajiban bagi wanita yang beragama Islam. Suka tidak suka jika anda adalah orang yang taat pada agama anda harus melakukannya. Namun, terkadang bagi sebagian orang berhijab itu terasa gerah apalagi jika aktivitas banyak di luar ruangan dimana harus terpapar matahari secara langsung. Ini tentu saja membutuhkan penanganan dan pencegahan tersendiri,…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.