Tekad Bella Hadid: Bebaskan Palestina sampai Merdeka

Supermodel, Bella Hadid bertekad akan terus berbicara tentang Palestina. Sebagai anak yang memiliki ayah asli Palestina, Bella memang tidak pernah berhenti menyuarakan kemerdekaan Palestina.

Bella Hadid bersama dengan Kaia Gerber, Anok Yai, Precious Lee, Sherry Shi, Ariel Nicholson, Yumi Nu, dan Lola Leon akan menjadi Cover majalah Vogue edisi September 2021. “Gadis Palestina jadi cover Vogue. Kebahagiaan ini membuatku mengatakan aku tidak akan berhenti bicara tentang systematic oppression, kesakitan dan kemanusian yang dihadapi bangsa Palestina sehari-harinya,” tulis Bella di unggahan Instagramnya, Sabtu, 7 Agustus 2021.

Bella mengunggah sebuah foto dari ucapannya yang dijadikan poster saat berdemo. Poster tersebut bertuliskan, “Bebaskan Palestina sampai dia merdeka.” Pada demo bela Palestina di New York, Mei 2021 lalu, Bella juga ikut ambil bagian.

Ayah Bella, Mohamed Hadid adalah pebisnis asal Palestina. Serupa dengan Gigi Hadid, saudaranya, Bella selalu peduli dengan yang terjadi di Palestina. “Dengan hanya cinta di hatiku dan pikiran terbuka untuk mendidik diriku sendiri dan belajar lebih lagi setiap harinya. Tidak peduli apapun itu, aku mencintaimu,” Bella menambahkan pernyataannya.

Unggahan Bella mendapat balasan dari ayahnya, Mohamed Hadid yang menyebutnya, ”Princess of Nazareth.” Mohamed Hadid lahir dari pasangan Anwar Mohamed Hadid dan Khairiah Daher Hadid, Putri Agung Pangeran Nazaret dan Penguasa Galilea. Nama sang nenek, Khair diiberikan kepada Bella sebagai nama tengahnya.

Bella Hadid mengungkapkan alasannya membela Palestina. Perempuan kelahiran Amerika Serikat ini menegaskan kalau konflik Palestina – Israel selama bertahun-tahun terjadi bukan lagi soal agama seperti yang diyakini sebagian besar orang.

“Ini bukan tentang agama. Ini bukan tentang menyebarkan kebencian pada salah satu pihak. Ini tentang penjajahan Israel, pembersihan etnis, pendudukan militer, dan apartheid atas rakyat Palestina yang telah berlangsung selama bertahun-tahun!” tulis Bella di Instagram, 16 Mei 2021.

Selama ini banyak yang meragukan Palestina, termasuk saat tahu Bella juga merupakan keturunan Palestina dari sang ayah, Mohamed Hadid. Ia diberitahu kalau ayahnya tidak memiliki tempat lahir jika berasal dari Palestina.

Sekali lagi Bella Hadid menegaskan kalau warga Palestina berhak merasa nyaman untuk hidup seperti yang lainnya. “Palestina sangat nyata dan rakyat Palestina ada di sini untuk tinggal dan hidup berdampingan. Seperti biasanya. Dan kami akan selalu berkumpul sebagai satu keluarga. Selalu,” tulisnya.

DEWI RETNO

Bella Hadid mengunggah sebuah foto dari ucapannya yang dijadikan poster saat berdemo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.