SehatQ, Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif Atau Tidak

Cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak bisa dilakukan dengan beberapa cara. Mengetahui status kepesertaan BPJS memang sangatlah penting. Jangan sampai di sini saat Anda memerlukannya ternyata status BPJS tersebut masih belum aktif.

Sehingga Anda tidak bisa menggunakannya. Karena itulah di dalam artikel kesehatan berikut ini akan diberikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek BPJS Kesehatan apakah aktif atau tidak.

Bagaimana Cara Cek Aktif Tidaknya BPJS Kesehatan?

 

Gunakan Situs Web

Penting untuk dipahami bahwasanya kartu BPJS kesehatan Anda aktif dalam waktu 2 minggu setelah melakukan proses pendaftaran. Langkah pertama untuk memastikan status kepesertaan BPJS yaitu di sini Anda mengakses situs resmi BPJS Kesehatan. Berikut ini adalah cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan secara online menggunakan situs tersebut.

  • Langkah yang pertama yaitu Anda masuk terlebih dahulu ke https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/
  • Jika sudah Anda masukkan nomor kartu BPJS, tanggal lahir, kemudian isi angka validasi. Jika sudah Anda klik cek untuk melihat informasi terkait mengenai status kartu.
  • Berikutnya di sini Anda tinggal melihat segala informasi terkait mengenai keikutsertaan BPJS, mulai dari nama, status akun beserta, nomor peserta, serta jumlah anggota keluarga.

Telepon

Cara cek keanggotaan BPJS bisa juga dilakukan dengan Anda menghubungi Call Center di nomor 1500400. Sebelum Anda menelpon sebaiknya di sini Anda menyiapkan lebih dahulu kartu identitas serta kartu BPJS yang umumnya akan ditanyakan oleh admin. Tak hanya itu saja, Anda juga dapat menghubungi layanan BPJS Kesehatan sebagai cara cek kepesertaan.

  • Langkah awal Anda hubungi BPJS Kesehatan care center di 165
  • Anda pilih jenis layanan nomor 1
  • Pilih layanan status kepesertaan kemudian Anda ketikan nomor NIK atau nomor peserta
  • Setelah itu Anda tuliskan tanggal lahir.
  • Nantinya status keaktifan kepesertaan dari BPJS Kesehatan akan disampaikan di bagian akhir.
  • Anda di sini bisa akses call center 165 selama 24 jam

Layanan CHIKA

CHIKA atau Chat Assistant JKN di sini juga dapat dijadikan cara untuk melakukan cek keaktifan BPJS Kesehatan. Layanan tersebut bisa Anda akses menggunakan beberapa aplikasi sosial media seperti telegram, Facebook dan lain-lain.

  • Langkah pertama yaitu Anda chat menggunakan telegram, Facebook messenger maupun WhatsApp.
  • Anda pilih menu cek status kepesertaan kemudian ketik NIK atau nomor peserta
  • Anda ketikkan tanggal lahir serta format yang diminta
  • Nantinya akan mulai menampilkan informasi mengenai status kepesertaan BPJS milik Anda.

Aplikasi Mobile JKN

Cara berikutnya untuk melakukan pengecekan keaktifan BPJS Kesehatan yaitu dengan mengunduh aplikasi mobile JKN. Aplikasi resmi tersebut dapat Anda unduh secara gratis, baik itu menggunakan App store maupun Play Store.

Untuk Anda yang ingin melakukan pengecekan status BPJS Kesehatan melalui mobile JKN, berikut ini adalah langkah yang Anda butuhkan.

  • Anda buka terlebih dahulu aplikasi mobile JKN kemudian lakukan login dengan menggunakan NIK
  • Masukkan captcha di bagian kolom yang sudah tersedia kemudian Anda lakukan login
  • Pilih menu peserta kemudian halaman nantinya akan menampilkan informasi mengenai status keaktifan Anda.

SMS

Selain dengan Anda memakai cara di atas, Anda pun juga dapat mengirim pesan singkat atau SMS. Cara yang harus dilakukan terbilang cukup mudah, Anda tinggal mengikuti format berikut ini.

NIK<spasi> NIK 354563291000xxxx), Lalu, Anda kirim sms ke nomor layanan BPJS 08777-5500-400.

Selain untuk melihat status kepesertaan cara untuk mengetahui BPJS Kesehatan tersebut aktif atau tidak juga akan bisa membantu Anda di dalam melakukan pengecekan nomor BPJS Kesehatan. Di sini nantinya Anda hanya perlu mengirimkan nomor KTP yang terdapat di poin pertama.

Cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak bisa dilakukan dengan beberapa cara. Mengetahui status kepesertaan BPJS memang sangatlah penting. Jangan sampai di sini saat Anda memerlukannya ternyata status BPJS tersebut masih belum aktif. Sehingga Anda tidak bisa menggunakannya. Karena itulah di dalam artikel kesehatan berikut ini akan diberikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.