Tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan organisasi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. Organisasi ini sudah berdiri sejak lama dan sampai saat ini sudah memiliki cabang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Di tingkat Persatuan Ahli Farmasi Indoensia Kabupaten  Tulungagung juga ikut serta dalam mewujudkan kesejahteraan kesehatan masyarakat Tulungagung.

Sebagai wadah berkumpulnya seluruh ahli farmasi di Tulungagung, organisasi ini memiliki kegiatan dan program untuk meningkatkan kesadaran masyarat pentingnya menjaga kesehatan. Salah satu program yang dijalankan yaitu sosialisasi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).

Pengertian KIA (Kesehatan Ibu dan Anak)

KIA atau Kesehatan Ibu dan Anak sendiri merupakan sebuah program yang dijalankan PAFI dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup ibu dan anak. Tentunya program ini juga bekerjasama dengan instansi terkait seperti pemerintah daerah, puskesmas dan rumah sakit. Meski program KIA bukan hanya berfokus pada ibu hamil saja.

Akan tetapi program KIA juga memberikan perawatan pada bayi baru lahir dengan memastikan bisa mendapatkan pemenuhan gizi yang baik. Ahli farmasi memastikan tumbuh dan perkembangan bayi agar tetap sehat. Program ini tidak hanya berhenti disitu saja, namun juga terus menantau ketika balita hingga memasuki remaja.

Tim medis bekerjasama dengan tenaga kerja kesehatan agar dapat memberikan edukasi yang baik. Penyuluhan dilakukan langsung pada masyarakat setempat sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Sehingga ibu hamil, ibu menyusui dan yang mereka yang memiliki balita bisa mendatangi tempat penyuluhan secara rutin.

Dengan pantauan dari ahli farmasi anda akan mendapatkan edukasi mengenai cara perawatan sebelum kelahiran, setelah kelahiran dan tumbuh berkembangnya balita. Dengan edukasi tersebut diharapkan para orang tua dapat memberikan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan anak. Sehingga anak akan menjadi lebih sehat dan kuat terhadap serangan penyakit.

Tujuan Penyuluhan dan Sosialisasi tentang KIA

Pada dasarnya tujuan penyuluhan dan sosialisasi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya perawatan kesehatan ibu dan anak. Meski program ini sudah berjalan cukup lama, tapi masih ada masyarakat yang kurang menerima dan menganggap sosialisasi ini tidak penting.

Namun kenyataanya ahli farmasi membantu masyarakat dalam memberikan edukasi terkait cara merawat keluarga dan diri sendiri. Dengan begitu pemahaman masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan tentu semakin mendalam. Nah hal ini merupakan langkah yang tepat supaya masyarakat dapat terhindar dari resiko yang membahayakan, terutama bagi ibu hamil, menyusui dan balita.

Peran PAFI Kabupaten Tulungagung dalam Sosialisasi KIA dan Penyuluhan

PAFI Tulungagung memang mengadakan dan menjalankan berbagai program yang berkaitan dengan meningkatkan kesehatan masyarakat. Misalnya seperti penyuluhan serta sosialisasi KIA. Pada dasanya program ini tidak hanya di jalankan di Kabupaten Tulungagung saja, akan tetapi juga dijalankan di seluruh wilayah yang ada di Indonesia.

Sosialisasi tersebut menjadi ujung tombak untuk menjaga generasi penerus bangsa agar mendapatkan perawatan yang baik. Ibu hamil wajib melakukan pemeriksaan secara rutin dengan mengunjungi dokter kandungan maupun bidan setempat. Tujuannya agar bayi yang ada di dalam kandungan dapat selalu di pantau selama perkembangannya.

Dengan begitu anda akan mendapatkan edukasi mengenai cara merawat kandungan serta akan dianjurkan untuk menjaga pola makan. Sebab ketika memasuki kehamilan bayi yang ada di dalam kandungan juga membutuhkan nutrisi yang cukup.

Nah itulah ulasan yang dapat dijelaskan dalam artikel ini mengenai tujuan dan peran pafi tulungagung dalam penyuluhan dan sosialisasi KIA. apabila anda ingin mendapatkan pengetahuan lebih mendalam mengenai penyuluhan dan sosialisai KIA. Maka anda bisa mengunjungi website resmi dari PAFI Tulungagung https://pafikabupatentulungagung.org/.

 

 

 

 

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *