Pastinya setiap orang ingin terhindar dari kondisi bau mulut yang tidak sedap. Sebenarnya munculnya bau mulut yang tidak sedap itu tergantung dari diri anda sendiri. Terkadang anda sering mengentengkan kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut. Sehingga kualitas mulut yang terjaga dijadikan sebagai tempat bersarang oleh bakteri dan kuman.

Akan tetapi bisa saja penyebab bau mulut yang anda alami berasal dari penyakit. Maka dari itu sangat penting bagi anda untuk mengatasi bau mulut tersebut agar tidak menimbulkan masalah yang lebih besar lagi.

Apa Saja Penyebab Bau Mulut ?

Sinusitis

Salah satu penyebab bau mulut adalah sinusitis. Pada umumnya banyak para penderita sinusitis yang tidak menyadari bahwa ketika berinteraksi dengan seseorang mulutnya mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Biasanya penderita tersebut akan menghasilkan lendir kental dan bau, yang mana nantinya lendir tersebut akan akan masuk dalam tenggorokan.

Sebenarnya penyakit ini adalah sebuah dinding sinus yang mengalami bentuk peradangan. Perlu anda ketahui bahwa kondisi tersebut bisa terjadi pada siapa saja dan tidak memandang usia yang muda maupun orang dewasa. Penyebab utama sinusitis ini yaitu infeksi yang disebabkan oleh virus flu. Tidak hanya itu saja, bakteri dan jamur juga juga bisa menjadi penyebabnya.

Bahkan penyakit sinusitis ini juga bisa menular melalui kontak tidak langsung maupun langsung. Salah satu penyebab sinusitis yang banyak tidak disadari oleh sebagain orang yaitu merokok. Padahal sudah jelas bahwa merokok merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari. Apalagi merokok juga tidak memiliki manfaat yang baik untuk seluruh kesehatan tubuh.

Cara Mengatasi Bau Mulut

Menyikat gigi secara rutin

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi bau mulut adalah menyikat gigi secara rution setiap harinya. Pada dasarnya menjaga kebersihan gigi memang harus dilakukan oleh semua orang. Padahal kita dianjurkan untuk menyiokat gigi secara rutin, setidaknya 2 sampai 3 kali dalam satu hari.

Baik setelah makan, sebelum tidur dan setelah tidur. Meski demikian masih banyak juga orang yang mengentengkannya. Seseorang yang jarang menyikat gigi biasanya giginya cenderung berwarna kuning. Sisa makanan dan minuman yang dikonsumsi biasanya akan menempel gigi, apabila terus dibiarkan akan menjadi plak.

Nah plak tersebutlah yang nantinya akan dijadikan sebagai tempat bersarang oleh bakteri dan kuman. Hingga akhirnya akan menumpuk dan menjadi karang gigi,secara tidak langsung karang gigi tersebut mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Sehingga akan menggangu ketika berintraksi dengan orang lain. Maka dari itu sikatlah gigi secara rutin setiap harinya agar kesehatan mulut dan gigi tetap terjaga dan selalu tampak segar.

Memeriksakan gigi ke dokter gigi secara rutin

Selain menyikat gigi secara rutin, penting juga bagi anda untuk memeriksakan gigi ke dokter. Tentunya memeriksakan gigi secara rutin dapat mengetahui kondisi gigi yang bermasalah. Tidak hanya itu saja, dokter gigi juga akan malakukan penanganan serta perawatan yang tepat. Alangkah baiknya jika anda memeriksakan gigi setidaknya selama 6 bulan satu kali.

Alangkah baiknya jika anda jangan malu untuk bertanya kepada dokter gigi yang ahli dan profesional. Dengan begitu gigi anda dapat terawat sejak dini dan tidak akan mengalami kerusakan yang buruk. Gigi tetap sehat dan nafas akan selalu tetap segar.

Sekian pembahasan artikel diatas mengenai penyebab bau mulut dan cara mengatasinya. Semoga pembahasannya dapat membantu.

 

 

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *