ETIKA BERKOMENTAR DI MEDIA SOSIAL

Menjadi kebiasaan setiap orang, ketika menonton video atau membaca sebuah berita mereka akan ikut nimbrung di kolom komentar untuk memberikan tanggapan terhadap apa yang mereka lihat.

Jika hanya sekadar komentar untuk memberikan tanggapan atau dukungan sebetulnya tidak masalah, hanya saja terkadang ada orang-orang yang menyalahgunakan fitur komentar untuk menghujat seseorang atau melakukan hal-hal negatif lainnya.

Ini tentu saja adalah sebuah akhlak yang buruk dan tidak sesuai dengan falsafah orang-orang Indonesia yang dikenal baik hati dan juga ramah. Sekarang ini orang Indonesia sangat kejam ketika berkomentar di media sosial, sehingga tidak aneh bila netizen Indonesia dinobatkan menjadi netizen paling tidak ramah sedunia.

Nah, sebetulnya hal hal apa saja sih yang harus anda perhatikan ketika misalnya ingin berkomentar di media sosial. Berikut adalah beberapa etika tidak tertulis yang harus anda patuhi ketika menggunakan media sosial.

Etika Tidak Tertulis yang Perlu Dipatuhi dalam Media Sosial

 

  1. Tidak Berkomentar Jika Tidak Perlu

Di satu sisi anda perlu peduli dengan orang lain, tapi disisi lain anda perlu juga belajar untuk menahan diri untuk tidak mencampuri urusan orang lain.

Biasakanlah untuk menahan diri ketika akan mengetikan komentar di kolom komen seseorang. Anda harus memikirkan baik dan buruk dari setiap teks yang akan anda tuliskan. Jika dirasa apa yang anda tulis tidak akan memiliki manfaat, lebih baik anda meninggalkannya.

  1. Lihat Keseluruhan Teks atau Video

Terkadang seseorang memilih langsung berkomentar sebelum membaca teks atau video secara penuh. Apa yang dilihat di awal konten itulah yang ia simpulkan. Ini tentu saja tidak baik.

Anda harus belajar membaca berita secara keseluruhan, lalu menyimpulkan apa yang ada dalam konten tersebut. Begitupun ketika melihat video di youtube, lihat dulu videonya sebelum anda berkomentar.

Adapun, berkaitan denga konten youtube, jika anda mempunyai bisnis dan memasarkan melalui youtube anda dapat menggunakan jasa komentar youtube untuk membuat trust di mesin pencarian youtube anda lebih tinggi.

  1. Jangan Rasis

Ini yang sebetulnya cukup berbahaya, ketika anda mengetikan komentar di kolom komen seseorang, bisa saja anda menganggap itu adalah perbuatan yang biasa, namun bagi orang yang membacanya itu bisa menjadi luar biasa dan menimbulkan depresi tersendiri.

Apalagi jika anda berkomentar secara rasis, seperti misalnya menyinggung warna kulit seseorang, suku ataupun hal-hal yang berkaitan dengan fisik seseorang.

So, jangan pernah menyinggung orang lain di media sosial karena efeknya bisa sangat berbahaya bagi mental orang tersebut.

  1. Hindari Perdebatan

Satu hal lagi yang harus dihindari ketika berkomentar adalah menghindari perdebatan. Anda harus paham bahwa perdebatan adalah hal yang sia-sia apalagi jika dilakukan di media sosial.

Anda harus lebih bijak lagi ketika menemukan hal-hal yang tidak sesuai dengan pemikiran anda. Hindari berdebat karena itu hanya akan membuang-buang waktu anda.

  1. Jangan Mencela dan Meremehkan Orang Lain

Ketika muncul sebuah video atau berita tentang suatu hal, terkadang netizen kita malah mencela dan membuat semangat orang menjadi down. Bagaimanapun anda harus mengapresiasi apa yang harus diapresiasi. Jika tidak suka dengan suatu hal setidaknya anda diam dan jangan mencela orang lain.

Berilah semangat dan nilai nilai positif jika anda melihat konten yang memang kreatif dan juga bermanfaat. Dukungan anda meskipun hanya sekedar like mungkin sangat berharga bagi mereka.

Itulah tadi beberapa etika ketika berkomentar di media sosial. Bagaimanapun media sosial penuh dengan hal-hal positif dan juga negatif.

Untuk anda yang ingin membangun citra positif, utamanya dalam bidang bisnis di media sosial anda dapat menggunakan Jasa Komentar Instagram.

Ini berguna untuk menaikan citra anda di mata mesin pencarian media sosial tersebut dan juga citra di benak masyarakat. Selama produk anda bagus dan berkualitas. Bisnis anda bisa melejit dengan jasa komentar.

Menjadi kebiasaan setiap orang, ketika menonton video atau membaca sebuah berita mereka akan ikut nimbrung di kolom komentar untuk memberikan tanggapan terhadap apa yang mereka lihat. Jika hanya sekadar komentar untuk memberikan tanggapan atau dukungan sebetulnya tidak masalah, hanya saja terkadang ada orang-orang yang menyalahgunakan fitur komentar untuk menghujat seseorang atau melakukan hal-hal negatif lainnya.…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.