Cara Mudah Membuat Chawanmushi, Puding Telur Khas Jepang

TEMPO.CO, Jakarta – Satu lagi makanan tradisional khas Jepang yang tak kalah lezat, yakni Chawanmushi. Menggunakan bahan dasar telur rebus dan tekstur yang lembut, makanan ini sangat cocok dijadikan sebagai hidangan pembuka. Selain itu, chawanmushi dibuat dari bahan-bahan yang menyehatkan tubuh dan mudah ditemukan sehingga tak mengherankan berbagai kalangan menyukai makanan ini.

Dikutip dari Buku At The Japanese Table: New and Traditional Recipes edisi 2001, nama chawanmushi diambil dari Bahasa Jepang yang bermakna ‘uap cangkir teh’ atau ‘dikukus dalam cangkir teh.’ Sesuai dengan Namanya, kuliner Jepang Chawanmushi disajikan dalam sebuah cangkir kecil berbahan keramik dengan sendok mungil, Makanan berupa puding telur ini banyak ditemukan di Jepang, terutama di pesta Kaiseki Jepang. Tidak seperti jenis custard yang lainnya, chawanmushi disajikan sebagai hidangan makanan karena rasanya yang gurih.

Isian puding chawanmushi merupakan campuran telur yang diberi bumbu seperti kecap, dashi, dan mirin. Selain itu, juga dapat ditambahkan berbagai variasi topping, seperti udang rebus, jamur, akar lili, wortel, dan bayam. Namun, variasi topping tadi dapat diganti sesuai selera. Bahan-bahan tadi kemudian dimasukkan ke sebuah wadah yang mirip cangkir teh.

Dikutip dari laman Japan Centre, berikut resep mudah Chawanmushi yang dapat dipraktekkan di rumah.

Bahan-bahan:

Cara membuat

NAOMY A. NUGRAHENI

Kuliner Jepang, Chawanmushi ini hampir digemari sebagian besar orang karena rasanya yang lezat. Begini cara membuatnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.