Cara Cepat Atasi Sakit Sendi Lutut

Sakit sendi lutut biasanya dialami oleh sebagian orang, karena fungsi dari utama lutut adalah tulang yang mempermudah pergerakan kaki. Itulah mengapa, ketika seseorang mengalami nyeri lutut akan kesulitan untuk berjalan apalagi berlari. Tentu banyak sekali cara untuk mengobati sakit lutut salah satunya adalah membayar biaya operasi lutut.

Apa saja cara cepat atasi sakit sendi lutut?

Biaya operasi lutut adalah harga yang harus anda bayar apabila anda memerlukan operasi penggantian lutut. Perawatan untuk lutut yang sakit sebenarnya tidak boleh sembarangan, karena apabila kasusnya cukup parah maka pengobatan medis merupakan jalan tempuh yang paling terbaik.

Ada baiknya, apabila penyebab nyeri lutut masih termasuk ringan dan tidak terlalu berbahaya. Maka, Anda bisa memulihkan kembali fungsi lutut dengan menerapkan perawatan perumahan sederhana. Salah satunya adalah dengan menggunakan kompres panas ataupun dingin.

Kompres panas ataupun dingin lebih sering dipakai untuk mengatasi sakit pinggang atau nyeri punggung. Kompres panas juga sangat aman digunakan untuk membantu meredakan rasa sakit pada lutut. Alasannya karena efek suhu panas mampu melemaskan otot dan sendi pada lutut.

Anda bisa menggunakan kompres panas dengan heating pet ataupun kompres dingin dengan es. Sensasi dingin dari kompres es bisa meredam pembengkakan dan peradangan.

Menggunakan Bahan Alami

Sakit sendi lutut juga bisa diatasi dengan menggunakan bahan alami. Bahan alamnya tersebut seperti kayu manis dan jahe, yang mempunyai efek pengobatan tak jauh berbeda dengan salep atau krim pereda nyeri. Cara mengobatinya adalah dengan teh yang dibuat dari jahe atau akar jahe.

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa kandungan alami dari jahe bisa dikombinasikan dengan obat resep dari dokter. Kombinasi tersebut bisa mengurangi rasa sakit lutut akibat radang sendi. Dengan menggunakan bahan alami, Anda bisa menemukan manfaat dari minyak esensial yang mengandung jahe atau jeruk.

Mengatur Berat Badan

Apabila anda telah merasa kelebihan berat badan, sakit sendi lutut bisa saja terjadi. Sebab hal tersebut merupakan suatu pertanda Anda harus mengurangi berat badan. Saat lutut harus menjaga tubuh yang mempunyai berat badan berlebih, akan memperbesar resiko mengalami sakit lutut.

Terlebih apabila anda telah mengalami rasa sakit lutut sejak lama. Berat badan yang meningkat akan memperparah kondisi sakit lutut yang Anda rasakan. Oleh karenanya, sangat penting untuk mengatur berat badan agar tetap ideal. Caranya adalah dengan menentukan rencana diet, agar berat badan yang berlebih bisa turun.

Penurunan berat badan bisa memberi perubahan besar terhadap rasa sakit yang selama ini Anda rasakan.

Melakukan Pijatan Ringan

Perlu diketahui, bahwa saat lutut sedang dilanda rasa nyeri tentu akan menyakitkan dan tidak nyaman. Namun, Anda bisa memberi sedikit pijatan ringan yang dinilai bisa membantu menurunkan tingkat kesakitannya. Anda bisa mengepalkan kedua tangan lalu ketuk perlahan pada bagian atas paha.

Kepala tangan tersebut bisa diulangi selama 10 kali, selanjutnya Anda bisa menggunakan 4 jari untuk menempuh lutut secara perlahan ke atas dan ke bawah. Cara lainnya adalah dengan meletakkan telapak tangan tepat di atas paha lalu pijat secara perlahan.

Mengistirahatkan Lutut

Mengistirahatkan lutut dan membeli perlindungan pada lutut adalah cara yang harus anda lakukan. Sebab, hal ini sangat penting dari semua pengobatan untuk meredakan lutut sakit. Yakni dengan memberi perlindungan pada lutut untuk mencegah terjadinya cedera dan terasa sakit yang jauh lebih parah.

Anda juga dianjurkan untuk mendapat istirahat yang cukup agar proses penyembuhan seluruh jaringan di lutut bisa lebih cepat. Perlu diingat kembali, istirahat bukan berarti anda menghentikan kegiatan harian seperti biasanya. Sebab, istirahat tetap melakukan aktivitas dengan mengurangi aktivitas yang berat.

Sakit sendi lutut biasanya dialami oleh sebagian orang, karena fungsi dari utama lutut adalah tulang yang mempermudah pergerakan kaki. Itulah mengapa, ketika seseorang mengalami nyeri lutut akan kesulitan untuk berjalan apalagi berlari. Tentu banyak sekali cara untuk mengobati sakit lutut salah satunya adalah membayar biaya operasi lutut. Apa saja cara cepat atasi sakit sendi lutut?…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.